-->

Friday, April 06, 2012

Femind Challenge : Indonesia ♥

Selamat pagii :3 hari ini mau posting pagi-pagi ah, biar seger :3 *hubungannya apa-_-*
sebenernya tadi aku niat nya pengen bikin posting galau -_- soalnya tadi aku habis mimpi...... nevermind._.

tapi nggak jadi XD soalnya aku inget challenge dari Femind tercinta, jadi mending ngerjain ini._.
okedeh langsung ya? ini challenge nya :


oke mulai! (nggak jadi mulai pasti) sebenernya aku nggak pernah lo ngerjain challenge, tag atau apapun gitu yang di tag ke aku >< maaf buat yang nge tag T_T soalnya aku paling males buat kayak gitu :p tapi berhubung ini nggak di tag jadia ku semangat :333 (oke sekarang mulai)

1. Nama Kotamu 
Nama kota ku? mosok nggak tau? plis ya -_- #Okeskip. Nama kotaku Ngayogyakarta Hadiningrat biasanya di panggil Jogjakarta :3

2. Lagu Daerah mu dan Liriknya 

Suwe ora jamu
jamu godhong telo
sue ora ketemu
ketemu pisan gawe gelo


oh iya interupsi bentar._. ada satu group music orchestra yang aku SUKA BANGET. dan mereka itu membawakan lagu-lagu tradisional gitu, kayak lagu jawab dan sebagainya._.

mereka adalah... *dam dam dam dam* SA'UNINE >< aku suka banget._. aku punya 2 cd nya di rumah, lagu2 nya itu enak banget kalo di setel sebelum tidur. jadi nek aku mau tidur aku mesti nyetel itu (-_-)

nah, ini salah satu lagu "Lir- ilir" yang mereka bawain, walopun nggak ada kaitannya sama jogja ya._. tapi, namanya juga interupsi._.nggak nyesel deh ndengerinnya :p


*plis ini bagus banget, pengen tak jadiin mp3 blog :p ada yang setuju?*

interupsi selesai._.

3. Mitos Terkenal di daerahmu


nah kalo ini, jogja punya :3 namanya Beringin kembar *efek lagu serem._.*.
jadi, di alun-alun selatan, ada dua pohon beringin yang tumbuh disitu, di pageri juga beringinnya. nggak pernah di tebang, selain karna itu aset kraton, mungkin juga ada hal-hal mistis gitu ya._. saya nggak tau *eh-_-*

nah, beringin ini juga berfungsi sebagai penarik wisatawan :3 soalnya, ada mitosnya. 
kalo kalian berhasil berjalan lurus melewati tengah2 beringin kembar ini dengan mata tertutup, nanti keinginan kalian bakal terkabul. tapi, cuman di beri 3 kesempatan
seru kan :3 aku belom pernah nyoba lo btw -_- bagi yang mau nyoba, kalian bisa dateng kesana, boleh bawa tutup mata sendiri,a tau disana nanti juga banyak yang jualan. 


kedengeran gampang ya? padahal SUSAH banget lo. nah disitu terdapat kekuatan ghoib (?) nya. hal yang mudah kayak gini bisa jadi sulit, soalnya, banyak banget orang yang nggak berhasil! katanya sih, mereka emang udah jalan selurus mungkin, tapi waktu mereka buka mata, mereka malah udah mblandang (?) jauh gitu :p 


yah, WHO - KNOWS :3 hanya Allah yang tau._. ya kepercayaan masing2 sih :3 kalo aku sih eum percaya nggak percaya, tapi kalo buat seru2an doang kan lucu tuh asik gitu._. OKE! (?)


4. Makanan Khas daerahmu


kalo mau beli bakpia enak, di Jl.Monjali. namanya Bakpia Pojok, ENAK BANGET! *sales ya._.*, tapi ini jujur nggak bercanda._.

buat yang belum tau, ini adalah SATE KLATAK. asalnya dari bantul. sate ini unik banget, jadi itu tusuk satenya pake JERUJI yang biasa buat sepeda itu lo._. terus di masaknya nggak pake kecap atau bumbu kacang :) tapi enak banget dan di jamin jerujinya nggak karatan._.

5. Gambarkan Pakaian adat daerahmu


kalo umumnya sih pakaian ada jogja itu kayak gitu._. tapi sebenernya ada banyak, tergantung derajat orangnya. biasanya kalo kayak putri atau bangsawan, atau raja2 gitu biasanya pake yang lebih 'mewah'. kayak jaritnya misalnya tumpukannya banyak gitu, atau kalo laki-laki atasannya bertelanjang dada (?). atau kalo buat dayang-dayang istana, yang biasanya mbantu2 gitu, biasanya cuman pake kemben sama jarit sederhana, sama ada kain kayak 'miss univers' (?) gitu di kalungin._.

6. Tradisi di Daerah ku yang masih turun-temurun
eum, aku nyeritain 'proses nikah kraton' aja ah :3 sebenernya ini bukan tradisi ya, tapi eum bisa di bilang gitu juga. turun temurun lagi._. masak nggak nikah?._.

biasanya rakyat jogja itu seneng banget kalo ada acara kayak ginian. soalnya semacam 'hiburan' gitu bagi mereka. kalo ada bangsawan kraton yang nikah, nanti pasti ada arak-arakan, atau yang disebut kirab.

ada pengantinnya yang di bawa pake kereta kencana *eaa*

prajurit lombok abang :3

tari-tarian, ada yang pake kuda kayak di atas ini._. FYI penari2 nya itu pilihan gitu._. seleksi nya ketat, go international juga penarinya._. (CMIIW._.)

terus sama pas prosesi pernikahannya itu ada tarian sakral yang jarang banget di tariin._. dan yang nari itu di pilih gitu kayak audisi. nek nggak salah sih tariannya golek, tapi aku lupa golek apa._. dan nggak dapet fotonya -_- tariannya lamban banget kayak tari2 jogja lainnya._. 

akhirnya selesai eh -_-
CMIIW yaa, soalnya ini juga dapet dari sepengetahuan ku ._. 
sekiannn ~(^^~) maaf font terakhir agak membesar._.

11 comments:

Rana Montana said...

Eh Aku pernah ke Alun alun Itu loh.. pas malem minggu. Jaraknya deket banget dr rumah sodaraku.trus Aku kan ke pohon Itu. Jalan ditengah sambil mata terbuka. Dan megang pagernya. And yunowat, Aku langsung kedinginan Dan badan kaku.

Ratri Sekar~ said...

@rana : eh iya? :O wah aku juga sering kesana tapi belom pernah nyoba -_- emang sih kalo daerah kraton memang ada mistis2 nya._.

Riska Dian N said...

jogja jogjaaaa :')))

Ratri Sekar~ said...

@yayan : komenmu bagus sekali nak :') *-_-*

Kartika-Nisrina said...

KYAAAA JOGJA KYAAAAA

Ratri Sekar~ said...

^ ini lagi komennya sama aja-_-

Ins.. said...

BAKPIA PATOKKKKKKK..!!
Tanggung jawab! Aku ke Jogja masih Mei... Sekarang udah pingiiiin.. T__T

vicky said...

eehh samaan bakpia pojok itu juga langgananku loooh dek~ enak bgt .. apalagi klo pas dapet yang anget .. ngiler dah ini ngebayangin

Esensι Tαrιαn G. said...

Yaaah aku ngidam bakpia nih rat -_- Btw, aku orang jogja gak tahu apa-apa ttg pohon ringin itu -_- Parah bet aku ini!-_-

zam said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Ratri Sekar~ said...

@kak Ins : wkwk ayok sini cepet entar tak siapin :p *eh
@mbak wicky : eh sama mbak XD iya bener.___. jadi pengen bakpia-_-
@esen : muahah ayo jalan2 biar tau XD wkwk iya eh sama._. dari kemaren pengen :p