-->

Sunday, May 01, 2016

Pemula Talks! : Tips Ngeramein Bisnis Onlineshop Instagram

source : pinterest.com

Assalamualaikum blogger! udah lama banget nggak nge post sejak post terakhir tentang trip to bandung dan janjinya sih ngelanjutin part 2, tapi malah kepingin bikin ini dulu =)) so lets get into it!

Jadi aku lagi pingin (sok) berbagi ilmu gitu tentang bisnis Onlineshopping di Instagram. Aku sendiri punya onlineshop sejak aku kelas 2 SMP (maybe atau 1 smp), tapi waktu itu aku masih sendiri dan ketika udah agak rame (followers sekitar 500, oke ini dikit banget tapi jaman dulu udah lumayan lah:")) aku malah berhenti dan kasih akunnya ke temenku yang juga blogger karena aku mau fokus UN /yang sebenernya wacana doang/

so aku mulai lagi buka onlineshop serius bareng partner jalan-jalanku, Tiffani, mulai dari kelas 1 SMA - sekarang! which is mean udah 3 tahun, tapi entah kenapa baru bener-bener berkembang pesatnya sekarang. nah salah satunya mungkin karena aku nggak tau tips dan triknya, gimana sih ngeramein bisnis onlineshop di instagram? so buat kalian yang mau mulai bisnis onlineshop (atau udah mulai tapi masih stuck gitu-gitu aja), yuk baca tips ini barangkali membantu! / celiah /

1. Hastag!

Hastag ini mungkin sepele dan terkesan nggak guna. but ini adalah hal yang paling mudah buat di lakuin (cuma modal internet aja) dan ternyata ini hasilnya membantu banget loh! Hastag in produk yang kamu upload di instagram pakai hastag yang memang berkaitan dengan produk yang kamu jual. kenapa harus berkaitan? karena kalau kamu jual tas tapi hastagnya #jualsepatu, selain waktu orang search hastag itu dia nggak ada minat buat beli so it waste your time, ini juga bikin orang kesel. yang ada malah image olshopmu jadi annoying! (menurutku sih, sorry xD)

so berilah hastag yang berkaitan + jangan lupa kasih regionalmu juga, untuk memudahkan orang yang ada di kotamu buat liat daganganmu. ex. kamu jual tas, kasih aja : #jualtas #jualtasmurah #jualtasjogja, dst.

2. Share!

Share daganganmu di personal akun sosial mediamu. pasti temen-temenmu adalah, yang berminat atau bahkan mau bantu share. (Termasuk Line akun publik, line bisa dibilang efektif banget karena kalau orang like, pasti ke share ke adders mereka). karena selain following akun pribadimu udah lebih banyak, biasanya temen-temen lebih percaya sama olshop punya temennya sendiri ketimbang orang lain.

3. Like for Like!

Yang satu ini aku dapet ilmu dari temen blogger ku, Lia (thanks bet:"). ini adalah cara lain yang tetep cuman modal internet, tapi butuh usaha lebih keras sedikit. Like for Like ini biasanya di selenggarain di line. kamu bakal masuk grup yang isinya para owner2 olshop lain. sekali daftar absen di grup, kewajibanmu adalah ngelike semua akun yang mendaftar juga sesuai rules yang berlaku. apa benefitsnya? ya mereka juga bakal ngelakuin hal yang sama untuk olshopmu! akan banyak like bertaburan di olshopmu, yang otomatis bikin feedsmu bisa naik di explore. ini efektif banget karena selain nggak mengganggu siapapun, sama-sama untung, ini juga terbukti naikin followers dengan lumayan cepet!

4. Signature product!

Alangkah baiknya kalau kamu jual produk yang emang kreatif  banget, nggak ada yang lain, dan orang-orang kalau butuh cuman bisa beli di kamu! ini emang susah banget sih, so aku taruh di nomer bawah-bawah. kalau belum bisa (kayak aku hahaha), jadi reseller nggak ada salahnya.

Bonus Tips cari reseller : usahain cari reseller yang se kota, firsthand, dan fast respond. dijamin pelayanan ke customer jadi nggak ribet dan cepet! urusan harga emang bagusnya cari yang termurah sih, kalau bisa jangan nemu bagus langsung seneng, barangkali semakin kamu scroll, banyak orang yang jual dengan harga lebih murah. tapi kalau ada harga ada kualitas, ya ngga ada salahnya.

5. Rapihin feeds!

ini buat tambah-tambah aja, orang lebih seneng ngefollow akun yang feeds nya bagus (even itu aku olshop). tapi kalau emang nggak bisa, ini nggak terlalu berpengaruh besar kok!

6. Kerahkan temen-temen!

ini bisa jadi efektif banget loh;) temen yang baik pasti mau bantu nyuksesin dagangan temennya, hehe. minta mereka buat bantu promosiin olshop kamu, semakin nyebar kan relasi temen-temenmu semakin banyak, so olshop kamu bisa nyebar ke lebih banyak orang!

7. Testimonial

Jangan takut buat minta testimoni ke pelanggan yang sudah order di kamu, minimal temen kamu deh (tapi jangan fake yaa). karena calon customer lebih mudah percaya sama olshop yang ada testimonialnya, walaupun followersnya masih sedikit.

source: flickr.com

Yang menurutku not recommended adalah :

1. Endorse jika kamu nggak punya signature product

Endorse ke selebgram itu nggak murah loh! apalagi kalau produkmu nggak menonjol / pasaran dan biasa banget. daripada kamu ngabisin uang untuk endorsment, mending lakuin cara yang diatas tadi. tapi kalau mau coba endorse, aku saranin coba cari endorse group, jadi nanti kamu patungan buat nge endorse satu selebgram bareng olshop-olshop lain, untuk meringankan biaya endorsement.

2. Paid promote

sekali lagi, kalau nggak punya signature product, cara satu ini juga nggak begitu ngaruh. tapi kalau mau nyoba, nggak papa sih buat pengalaman atau bisa aja waktu kamu beruntung, ngaruh banget.

alternatifnya, kalian bisa ikut kerokan / semacam promote bareng-bareng antar olshop instagram. biasanya mereka buat grup di line (kayak like for like). kewajibannya kamu harus post barang mereka di os kamu (selama beberapa jam tergantung rules), sebaliknya, mereka juga akan post barang kamu. keuntungannya sih kalau followers kalian udah sama-sama tinggi / kamu kedapetan di promote sama olshop yang follwrsnya tinggi, bisa ningkatin pelanggan juga. tapi menurutku, hal ini bikin customer yang follow kalian jadi males dan nge unfollow olshop kalian, karena sekali kerokan biasanya harus posting beberapa foto (yang lumayan banyak), jadi bisa aja di anggap spam yang nggak penting sama followers kalian.

3. Lock akun

memang sih mungkin ini bisa nankin followers mu, followers banyak belum tentu bikin olshopmu laris. orang yang tadinya mau order serius, eh liat olshopmu di lock jadi males dan akan beralih ke olshop lain. so menurutku ini nggak recommended!


So itu dia tips sok kepinteren banget dari aku XD semoga bisa membantu :* maaf kalau ada salah-salah kata atau cara yang aku sebutin mungkin nggak works untuk kamu / cara yang aku nggak rekomendasiin mungkin works a lot di kamu, karena aku juga masih sama-sama belajar (dengan sangat tidak berprogres XD)

oiyaa buat yang penasaran sama olshopku bisa loh cek disini : instagram.com/lastbitestore =)) /promosi/ /tetep/


Daaa see you on the next post (soooon) (gatau kapan)

2 comments:

Claudia Novreica Sutrisno said...

Yay! Udah lama gak baca postingan blogmu! So, welcome back! :p
Nice info! Udah lama kepikiran pengen buka bisnis Instagram nih and these tips will work for it! :)

Nada Celesta A. said...

Info nya boleh banget, Trik!
Aku kagum banget lho sama orang-orang yang bisa bertahan ngejalanin olshop dan bertahan bertahun-tahun kayak kamu gini.
Sukses terus ya kamuuuh!